RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 09 BUNGKU
Kelas / Semester :
6 /2
Tema 6 : Menuju Masyarakat
Sejahtera
Sub Tema 1 : Masyarakat Peduli Lingkungan
Muatan Terpadu : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah siswa mengamati
gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan
pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan
tepat.
2.
Setelah siswa
berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan
pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
3.
Setelah siswa membaca
bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat
menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat
Indonesia yang sejahtera dengan tepat.
4. Setelah siswa berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model Discovery Learning) Ayo Mengamati v Siswa mengamati berbagai
gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”. v Siswa secara bergantian
menceritakan kegiatan yang dilakukan warga Ayo Berdiskusi v Siswa mengamati gambar
kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”.
Guru memberi waktu sekitar tiga menit. v Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 5
anak. v Setiap siswa kemudian menulis
pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Membaca v Siswa memperhatikan artikulasi
saat membaca. Siswa lain diminta untuk menyimak. v Alternatif lain, Guru meminta
beberapa siswa untuk membaca bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan
bersambung oleh seluruh siswa. Siswa diminta untuk menyimak. v Siswa menceritakan kembali
teks materi yang telah ia baca sebelumnya. v Siswa mampu mengidentifikasi
perilaku positif di masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi
kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. .(Creativity and Innovation) Ayo Berlatih v Setelah siswa membaca teks Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia,
guru dan siswa membahasnya sebentar.
Guru memberi waktu sekitar tiga menit. v Siswa mengumpulkan hasilnya
kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi. v Guru mengapresiasi dan
mengonfirmasi jawaban siswa. v Hasil yang diharapakan siswa
mampu mengidentifikasi perkiraan informasi dari teks non fiksi berdasarkan
kata-kata kunci yang terdapat pada judul secara lisan . Ayo Renungkan v Siswa melakukan refleksi
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Mandiri) |
140
menit |
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua
berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan
tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15
menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
|
Bahomante, Januari 2021
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar