Selasa, 28 Desember 2021

Rpp Kelas 6 Semester 2 Sub Tema 1

                           RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             : SDN 09 BUNGKU
Kelas / Semester                :  6 /2
Tema  6                              :  Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1                        :  Masyarakat Peduli Lingkungan
Muatan Terpadu                 :  PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke                :  1
Alokasi waktu                   :  1 hari

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2.    Setelah siswa berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

3.    Setelah siswa membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.

4.    Setelah siswa berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v  Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Mengamati

v Siswa mengamati berbagai gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”.

v Siswa secara bergantian menceritakan kegiatan yang dilakukan warga

Ayo Berdiskusi

v Siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”.  Guru memberi waktu sekitar tiga menit.

v Siswa  membentuk kelompok yang terdiri atas 5 anak.

v Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan  mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Membaca

v Siswa memperhatikan artikulasi saat membaca. Siswa lain diminta untuk menyimak.

v Alternatif lain, Guru meminta beberapa siswa untuk membaca bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa. Siswa diminta untuk menyimak.

v Siswa menceritakan kembali teks materi yang telah ia baca sebelumnya.

v Siswa mampu mengidentifikasi perilaku positif di masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. .(Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih

v  Setelah siswa membaca teks Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia, guru dan siswa membahasnya sebentar.  Guru memberi waktu sekitar tiga menit.

v  Siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi.

v  Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa.

v  Hasil yang diharapakan siswa mampu mengidentifikasi perkiraan informasi dari teks non fiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul secara lisan .

Ayo Renungkan

v Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Mandiri)

    140

    menit

Kegiatan

Penutup

A.     Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                                

Ø  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø  Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit


C.     PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  

dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,
 


SRI ANJARNI LAPANGI, S.Pd
NIP. 19760601 199606 2 002

Bahomante,          Januari 2021
Guru Kelas 6
   


ABDULLAH MUHAMMAD DJAFAR, S.Pd
NIP. 19820204 200904 1 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar